Kamis, Juli 25, 2024
BerandaPolitikInternasionalNegara - negara Ini Tak Punya Laut Tetapi Tetap Memiliki Angkatan Laut

Negara – negara Ini Tak Punya Laut Tetapi Tetap Memiliki Angkatan Laut

Bantentv.com – Melihat banyaknya negara di dunia, ternyata tidak semuanya memiliki wilayah kelautan atau pantai, meski demikian terdapat sejumlah negara di dunia yang tetap memiliki angkatan laut meski tak mempunyai wilayahnya.

Bukan tanpa alasan, biasanya hal ini berkaitan dengan kepentingan strategis dan keamanan negara tersebut. Sehingga tak harus bertugas di laut, mereka juga bisa ditugaskan untuk patroli atau menjaga keamanan di sungai atau danau negara terkait.

Berikut lima negara di dunia yang memiliki angkatan laut meski tidak punya wilayah laut sendiri.

Daftar Negara yang Punya Angkatan Laut tetapi Tidak Memiliki Wilayah Laut.

  1. Uganda

Negara di kawasan Afrika Timur ini berbatasan dengan Kenya di timur, Sudan Selatan di utara, Republik Demokratik Kongo di barat, serta Tanzania di bagian selatan.

Sama halnya seperti Paraguay, Uganda juga memiliki angkatan laut meski tidak punya wilayah laut. Mereka dikenal dengan sebutan The Uganda People’s Defence Force Marine Wing.

Beroperasi di Danau Victoria, Marine Wing tersebut memiliki ratusan personel dan sejumlah kapal patroli. Tugas mereka adalah untuk mengawasi wilayah di Danau Victoria dan sekitarnya.

  1. Laos

Dikutip dari globalsecurity.org, angkatan laut dari negara yang terletak di Asia Tenggara ini diberi nama Lao People’s Navy (LPN) atau Angkatan Laut Rakyat Laos.

Pasukan ini ada sejak 1975 dan merupakan sisa-sisa angkatan laut yang dimiliki Kerajaan Laos. Pada 1994 pasukan ini memiliki kekuatan personel sekitar 500 anggota, mereka bertugas menjaga keamanan sungai, saluran air di pedalaman, merawat kapal, dan mengawasi pergerakan pasukan lawan dari tempat-tempat tertentu, salah satunya di seberang Sungai Mekong.

Pada tahun ini, LPN hanya memiliki kapal patroli sungai tidak lebih dari 50 unit. Hingga tahun 2000-an, tidak ada perubahan signifikan terkait pasukan ini. Pasukan juga inventaris kapal dan peralatan lainnya masih tetap terbatas.

  1. Paraguay

Berikutnya ada Paraguay, Pasukan angkatan laut Paraguay, melansir Country Data, pertama kali dibentuk di bawah Francia yang memelihara armada sebelas kapal. Lalu di bawah Presiden Lespezes, angkatan laut ini diperluas mencakup batalion laut dan artileri angkatan laut.

Semuanya pernah terlibat dalam penyerangan di salah satu pertempuran laut terbesar di dunia yang pada akhirnya memaksa mereka kembali dengan pasukan yang hampir hancur total. Pada akhir 1988, personelnya mencapai 3.150 orang yang sepertiga di antaranya merupakan wajib militer.

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR