Minggu, Mei 19, 2024
BerandaKesehatanIni Dia Tips Tetap Bugar Saat Puasa

Ini Dia Tips Tetap Bugar Saat Puasa

Bantentv.com – Puasa Ramadan merupakan ibadah yang wajib dijalankan bagi setiap orang Islam di dunia, agar ibadah puasa yang dijalankan berjalan dengan lancar, tentu harus ditunjang dengan fisik yang sehat dan bugar.

Karena saat berpuasa, fisik juga harus tetap aktif melakukan kegiatan seperti biasanya. Fisik yang bugar akan berpengaruh terhadap mental spiritual seseorang dan tentu akan meningkatkan kualitas ibadah yang dijalankan tersebut. Untuk itu perlu adanya upaya–upaya agar tubuh tetap bugar sepanjang hari ketika berpuasa.

Berikut, tips agar tetap bugar saat sedang berpuasa:

  1. Cukupi kebutuhan cairan tubuh

Saat berpuasa, kamu akan merasakan haus. Hal ini wajar lantaran selama berpuasa kamu tidak minum, namun, apa jadinya jika kamu kurang minum air dan kekurangan cairan tubuh? Pastinya anda akan merasakan dehidrasi seperti tenggorokan, bibir dan kulit menjadi kering, dan gampang lelah serta mengantuk. Untuk mencegah dehidrasi, kamu perlu memenuhi kebutuhan cairan saat berpuasa, dengan menerapkan aturan 2-4-2. Aturan ini dimaksudkan untuk meminum dua gelas air putih saat berbuka, empat gelas air putih saat makan malam, dan dua gelas air putih saat sahur.

  1. Mengatur pola makan

Agar puasamu berjalan lancar, ada beberapa hal yang perlu diperhatikan saat sahur dan berbuka:

  • Berbukalah secukupnya. Dengan makanan seperti kurma atau buah – buahan dan takjil. Setelah tercerna dengan baik, kamu bisa mengonsumsi makanan utama setelahnya. Jangan memaksakan keinginanmu untuk makan dan minum berlebihan. Sebab makan berlebihan bisa mengganggu metabolisme tubuh, selain itu bisa membuat kamu cepat mengantuk. Kondisi tersebut tentunya bisa mengganggu rutinitasmu.
  • Pilih makanan sehat dan bergizi saat sahur dan berbuka. Sebisa mungkin untuk batasi asupan gula, garam, kafein, gorengan, makanan berlemak, dan makanan yang bisa mengganggu kelancaran puasamu.
  • Jangan lupa untuk membagi pola makan. Saat malam hari, dianjurkan untuk membagi pola makan menjadi tiga waktu agar nutrisi tercukupi, yaitu saat berbuka, setelah salat tarawih, dan sahur.
  1. Konsumsi makanan bernutrisi saat sahur

Selain mendapatkan pahala dari sunahnya, sahur juga sebagai bekal untuk tubuh selama berpuasa. Sebab, saat sahur tubuh mendapatkan nutrisi yang dibutuhkan agar puasa berjalan lancar. Jadi, pastikan untuk tidak melewatkan sahur. Jika kamu melewatkannya, kamu akan cepat lapar dan juga akan rentan mengalami dehidrasi, bau mulut, mudah lelah, hingga masalah pencernaan.

  1. Pilih makanan yang sehat

Rasa lapar dan haus karena puasa dapat memicu seseorang untuk memanjakan perut dengan makanan apapun yang terlintas dipikiran. Sering kali orang tidak memerhatikan lagi makanan dan minuman yang dikonsumsi sehat atau tidak. Padahal makanan yang tidak sehat justru membuat kamu cepat lapar dan cepat haus. Makanlah makanan yang kaya serat dan air seperti sayuran dan buah – buahan. Hindari makanan seperti makanan olahan, tinggi garam, gula, dan lemak tidak sehat, agar tubuhmu tetap bugar saat puasa.

  1. Istirahat saat merasa lelah

Mudah mengantuk dan lelah saat menahan rasa lapar dan haus merupakan hal yang wajar saat puasa. Jadi, tidak ada salahnya kamu beristirahat sejenak dari aktivitas yang kamu lakukan. Sediakan waktu minimal 5 hingga 10 menit untuk beristirahat di waktu kosong atau istirahat sejenak disela aktivitasmu.

  1. Tetap aktif berolahraga saat puasa

Meskipun tengah berpuasa, olahraga merupakan aktivitas yang juga tidak kalah pentingnya. Karena dengan berolahraga, justru bermanfaat untuk menjaga kesehatan dan kebugaran tubuh saat puasa. Selama puasa, dianjurkan untuk berolahraga 60 menit sebelum berbuka atau setelah sholat tarawih. Karena di waktu tersebut, kamu bisa segera menggantikan kekurangan cairan tubuh dan tentunya dapat menjaga tubuh agar tetap bugar.

  1. Kualitas tidur yang cukup

Selain pola makan, pola tidur di bulan puasa juga ikut berubah. Untuk itu, kamu perlu mengatur waktu tidur agar kebutuhan tidur tetap tercukupi dan kualitas tidurmu tetap terjaga. Misalnya, tidur dan bangun pada jam yang sama untuk mengatur siklus sirkadian tubuh (tidur-bangun secara berulang di waktu yang sama) secara alami.

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR