Senin, Juni 24, 2024
BerandaInHouseNegara-negara dengan Hari Libur Terbanyak di Dunia

Negara-negara dengan Hari Libur Terbanyak di Dunia

Serang, Bantentv.com – Hari libur menjadi salah satu hari yang ditunggu-tunggu oleh semua orang. Selain bisa melepas penat setelah aktivitas sehari-hari, hari libur juga menjadi waktu yang tepat untuk melakukan apapun tanpa harus memikirkan pekerjaan. Selain akhir pekan ada juga libur nasional yang biasanya digunakan sebagai perayaan suatu hari raya.

Setiap negara memiliki hari libur nasional yang berbeda-beda. Biasanya hari libur nasional ini dirayakan untuk beragam kegiatan misalnya perayaan keagamaan, hari nasional, hari peringatan atau hari-hari untuk memperingati beberapa peristiwa sejarah khusus lainnya.

Dilansir dari beberapa sumber berikut negara-negara dengan hari libur terbanyak :

Kamboja

Negara dengan hari libur terbanyak di dunia yang pertama adalah Kamboja. Negara ini memiliki jumlah hari libur nasional sebanyak 28 hari dalam satu tahun. Ada beberapa alasan yang membuat Kamboja memiliki hari libur terbanyak, selain acara keagamaan, perayaan ulang tahun raja dan ratu yang dirayakan semarak selama 3 hari berturut-turut pada bulan Mei menjadi faktor terbesar Kamboja memiliki hari libur terbanyak. Tak hanya itu, para pekerja juga memiliki cuti yang banyak yakni 15 hari sedangkan pekerja lainnya memiliki jatah cuti 18 hari setiap tahunnya.

Iran

Iran memiliki hari libur yang cukup banyak, yakni 26 hari. Negara ini menggunakan tiga kalender yang berbeda berdasarkan tradisi dan juga acara keagamaan. Hal itulah yang membuat Iran memiliki jumlah libur lebih banyak. Selain itu, di luar jumlah libur tersebut ternyata pemerintah Iran terkadang menyelipkan hari libur lainnya di setiap tahunnya.

India

Negara ini memiliki hari libur nasional sebanyak 25 hari dalam setahun. Ada tiga hari libur utama di negara ini berupa peringatan hari kemerdekaan, hari republik, dan hari kelahiran Mahatma Gandhi. Selain itu, terdapat juga hari libur keagamaan seperti Diwali, Maha Shivratri, Guru Nanak Jayanti, Vaisakhi, Idul Fitri, Muharram, dan Natal. Hal itulah yang membuat India menjadi negara paling banyak hari libur di dunia.

Indonesia

Indonesia memiliki jumlah hari libur yang terkadang berganti-ganti di setiap tahunnya. Hal ini menyesuaikan dengan keputusan pemerintah atas aturan hari libur dan cuti bersama. Total libur di Indonesia ada sebanyak 22 hari libur. Umumnya, hari libur ini didominasi dengan perayaan hari raya keagamaan, mengingat di Indonesia memiliki banyak suku dan berbagai agama. Selain itu, diketahui para pekerja memiliki jatah cuti sebanyak 12 hari pertahunnya. Hal tersebut sesuai dengan Undang-Undang No. 13 tahun 2003 Pasal 79 ayat 2 yang berbunyi, seorang pekerja berhak atas cuti tahunan sekurang-kurangnya 12 hari kerja.

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR