Senin, April 22, 2024
BerandaInHouseFeatureWaspada Penyakit Campak yang Mulai Merebak

Waspada Penyakit Campak yang Mulai Merebak

Serang, Bantentv.com – Akhir-akhir ini di Kota dan Kabupaten Serang mulai sering ditemui kasus penyakit campak di dua wilayah tersebut. Pada umumnya kasusnya, campak kebanyakan ditemui pada anak-anak usia SD dan balita.

Diketahui bersama, campak merupakan penyakit menular yang disebabkan oleh virus RNA dari family Paramyxoviridae. Penyebarannya bisa melalui udara dan kontak fisik yang ditularkan dari percikan liur orang yang terinfeksi campak. Virus RNA sendiri dapat bertahan di udara selama kurang lebih 2 jam.

Berdasarkan data Kementerian Kesehatan, ada 11 ribu kasus campak yang terjadi setiap tahun. Jumlah tersebut bisa lebih besar karena banyak kasus campak yang tidak terdata. Campak juga menjadi salah satu penyebab kematian terbesar pada anak-anak.

Sebagai bentuk kewaspadaan, kenali ciri-ciri gejala campak dan cara penanganannya. Adapun gejala campak pada umumnya adalah demam tinggi, nyeri persendian, lemas, hilang nafsu makan, dan terkadang disertai gejala flu seperti hidung beringus. Memasuki hari kedua, biasanya gejala demam mereda dan mulai muncul ruam merah di seluruh tubuh. Campak bisa berlangsung selama beberapa minggu mulai dari 7014 hari sejak pertama kali terpapar virus.

Menurut WHO, tidak ada obat untuk campak. Penanganan paling tepat adalah dengan pemberian vaksin campak sebagai langkah pencegahan. Namun, jika sudah terkena infeksi virus ini dapat dilakukan beberapa langkah penanganan yang tepat berikut ini :

  1. Perbanyak istirahat dan hindari kontak dengan banyak orang sebagai upaya mencegah penularan.
  2. Perbanyak makan makanan bergizi seperti buah dan sayur yang mengandung vitamin agar meningkatkan daya tahan tubuh.
  3. Cukupi kebutuhan air putih agar tidak kekurangan cairan.
  4. Konsumsi obat sesuai yang diresepkan dokter. (kholi/red)
TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR