Kamis, April 25, 2024
BerandaInHouseFeatureTinta Pemilu 2024 terbuat dari Daun Gambir

Tinta Pemilu 2024 terbuat dari Daun Gambir

Bantentv.com – Pesta demokrasi telah dilaksanakan pada 14 Februari 2024 kemarin. Warga yang sudah memilih dan menyoblos akan diberikan tanda di jarinya dengan mencelupkannya ke tinta berwarna ungu.

Namun tahukah kamu ternyata tinta Pemilu 2024 ini ternyata terbuat dari daun lhoo. Ilmuwan di Universitas Andalas (Unand) Padang, Amri Bakhtiar menciptakan tinta pemilu yang terbuat dari komponen alami daun gambir.

Inovasi yang dibuatnya tersebut hasil dari kerja sama dengan PT Kudo Indonesia Jaya. PT Kudo Indonesia Jaya menggandeng profesor peneliti dari Universitas Andalas, Padang, Sumatera Barat menciptakan tinta berbahan alami dari tumbuhan gambir. Gambir adalah tumbuhan perdu setengah merambat dengan percabangan memanjang.

Direktur Direktorat Kerja Sama dan Hilirisasi Riset Universitas Andalas, Muhammad Makky menjelaskan, tinta berbahan gambir ini telah diteliti dari awal tahun 2000. “Hasil dari riset ini adalah pewarna alami gambir bersifat konsisten tahan dalam waktu bertahun-tahun, serta tanaman ini hanya tumbuh di Indonesia,” ujar Makky.

Unand berhasil memenangkan 6 dari 10 zona wilayah yang ada di Indonesia dengan total 981.310 botol tinta pemilu yang digunakan di 35 provinsi se-Indonesia. Tinta ini juga telah lulus Badan Pengawas Obat dan Makanan (BPOM).

“Tinta berbahan baku daun gambir ini memiliki keunggulan yang ramah lingkungan dan aman untuk kulit. Tinta dari daun gambir juga bisa bertahan lebih dari enam jam, bahkan awet berhari-hari,” kata Amri di Podcast Universitas Andalas.(erina/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR