25.8 C
Serang
Jumat, Desember 8, 2023
BerandaInHouseFeatureTanaman Hias yang Bisa Menyerap Debu Dalam Rumah

Tanaman Hias yang Bisa Menyerap Debu Dalam Rumah

Serang, Bantentv.com – Belakangan ini mengoleksi dan merawat tanaman hias banyak digandrungi banyak orang. Berbagai jenis tanaman memang sangat menarik untuk menghiasi halaman maupun di dalam ruangan. Selain membuat rumah jadi lebih indah, beberapa tanaman juga punya kegunaan lain. Salah satunya menyerap debu. Dengan meletakkan tanaman di dalam ruangan juga dapat mengurangi kelembapan dan pertumbuhan jamur.

Dilansir dari beberapa sumber berikut adalah sederet tanaman hias yang bisa menyerap debu dalam rumah :

  1. Dracaena

Tanaman yang bisa meyerap debu dalam rumah yang pertama adalah Dracaena. Dracaena memiliki daun yang panjang dan lebar serta memiliki tepian daun berwarna putih, hijau, krem atau merah.

Tanaman hias mungil ini dapat menangkal formalin, xylene, toluene, benzena, dan trikloroetilen. Dracaena dapat beracun bagi binatang, maka dari itu tanaman ini harus dijauhkan oleh binatang peliharaan seperti kucing. Untuk merawat tanaman ini perlu menjaga tanah di dalam potnya agar tetap lembap tetapi jangan terlalu banyak menyiramnya dengan air karena dapat menyebabkan tanaman menjadi mati.

  1. Tanaman Karet (rubber plant)

Tanaman karet atau rubber plant merupakan tumbuhan hijau yang berasal dari genus ficus, asli timur laut India, Nepal, Bhutan, Myanmar, China, Malaysia, dan Indonesia.

Jenis tanaman penyerap debu ini cocok diletakkan di pojok ruangan dengan cahaya yang terang karena dapat menghilangkan karbon monoksida, formaldehida, trikloroetilen, dan bahan kimia lainnya. Bagi pemilik anjing dan kucing peliharaan, sebaiknya perlu berhati-hati karena tanaman karet cukup berbahaya bagi mereka. Merawat tanaman karet tidak terlalu sulit. Hanya perlu menyiram dengan air yang cukup untuk menjaga tanahnya tetap lembap, terutama di musim kemarau. Kemudian, pangkas daun-daunnya bila sudah lebat dan bersihkan secara berkala agar terlihat semakin indah.

  1. English Ivy

English Ivy adalah jenis tanaman pembersih udara ini dianggap dapat menangkal benzena, karbon monoksida, formaldehida, trikloroetilen, dan zat kimia lainnya. Untuk cara merawatnya, cukup menyiramkan air ke tanaman beberapa kali guna menjaga kelembapannya. Tanaman English ivy ini bisa tumbuh subur dimana saja namun tanaman ini dapat membahayakan manusia serta binatang peliharaan. Zat kimia yang terkandung dalam getah tanaman ini juga dapat mengakibatkan dermatitis kontak parah pada manusia, terutama bagi yang memiliki tipe kulit sensitif.

  1. Spider Plant

Spider plant atau tanaman laba-laba adalah salah satu jenis tanaman hias yang bisa menyerap debu di dalam rumah. Perawatan tanaman ini cukup mudah hanya perlu menyiramnya 2-3 kali seminggu. Selain membantu menghilangkan zat polutan dalam rumah, spider plant juga termasuk tanaman yang sangat aman bagi keluarga.

  1. Sri Rejeki

Sri Rejeki atau aglonema adalah tanaman yang memiliki daun lebar yang efektif dalam menyerap polutan, seperti karbon monoksida, benzena, dan formalin. Perawatannya terbilang mudah, Sri Rejeki hanya perlu disiram selama satu minggu sekali dan memerlukan pencahayaan yang cukup rendah agar dapat tumbuh dan memiliki manfaat yang optimal. (erina/red)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terbaru

Komentar Pengunjung