Minggu, April 14, 2024
BerandaInHouseFeaturePeringati Hari Pangan Sedunia, Yuk Kenali Hasil Pangan Indonesia!

Peringati Hari Pangan Sedunia, Yuk Kenali Hasil Pangan Indonesia!

Serang, Bantentv.com – Setiap tahun pada tanggal 16 Oktober diperingati sebagai Hari Pangan Sedunia. Hari Pangan merupakan gagasan dari organisasi internasional Food and Agricultural (FAO).

Indonesia sebagai negara agraris dan maritim tentunya sangat kaya akan sumber daya alam, khususnya hasil pertaniannya. Dalam rangka memperingati Hari Pangan Sedunia, mari kenali jenis-jenis hasil pangan yang khas dan merupakan makanan pokok dari Indonesia.

  1. Beras

Beras hampir menjadi makanan pokok seluruh masyarakat Indonesia. Di masyarakat sendiri beredar istilah “belum makan jika bukan makan nasi (olahan beras).” Beras menjadi favorit karena mudah didapat dan mempunyai kandungan karbohidrat yang tinggi. Bahkan hamparan sawah yang merupakan ladang padi mudah dijumpai di berbagai daerah.

  1. Sagu

Selain beras, makanan pokok masyarakat Indonesia khususnya di wilayah Papua, Sulawesi, dan Kalimantan adalah sagu. Kandungan karbohidrat dalam sagu juga tergolong tinggi. Sagu dapat tumbuh dengan baik di daerah tropis seperti Indonesia.

  1. Ubi Jalar

Tanaman ubi jalar sangat mudah dijumpai di Indonesia. Hasil pangan ubi jalar juga dijadikan sebagai alternatif pengganti nasi atau beras. Ubi jalar memiliki banyak kandungan gizi yang bagus seperti vitamin, mineral dan serat. Rasanya yang enak menjadikan ubi makanan favorit yang bisa disantap tanpa tambahan lauk atau makanan lain.

  1. Singkong

Sama seperti ubi jalar, singkong juga banyak dijadikan alternatif masyarakat Indonesia ketika tidak bisa mengkonsumsi nasi. Kandungan glukosa yang rendah membuat singkong aman dikonsumsi penderita diabetes. Singkong juga disinyalir tidak mengandung gluten yang aman bagi pegiat diet.

  1. Jagung

Hasil pangan satu ini seringkali dijadikan bahan cemilan atau sayur oleh masyarakat Indonesia. Tapi, ternyata jagung merupakan sumber karbohidrat yang bagus. Rasanya yang manis dan gurih menjadikan jagung banyak digemari orang. (kholi/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR