Minggu, Juli 14, 2024
BerandaInHouseFeatureMengenal Nama Lain Desa di Beberapa Wilayah di Indonesia

Mengenal Nama Lain Desa di Beberapa Wilayah di Indonesia

Bantentv.com – Di Indonesia, istilah desa adalah wilayah administratif di Indonesia di bawah Kecamatan yang dipimpin oleh Kepala Desa. Sejak diberlakukannya otonomi daerah Istilah desa dapat disebut dengan nama lain, misalnya di Sumatera Barat disebut dengan istilah nagari, di Aceh dengan istilah gampong. Berikut nama daerah unik desa yang ada di beberapa wilayah di Indonesia :

  1. Gampong

Nama unik desa di wilayah Indonesia yang pertama yaitu gampong, gampong merupakan nama sebutan desa dari daerah Aceh. Sedangkan untuk pemimpin atau Kepala Gampongnya disebut dengan nama Keuchik atau Geuchik.

  1. Nagari

Nagari merupakan sebutan desa dari Sumatra Barat. Di Provinsi yang terkenal dengan masakan Rendangnya ini kepala atau pemimpin dari Nagari disebut dengan Wali Nagari.

  1. Dusun

Dusun sebutan nama desa di Provinsi Jambi, khususnya di Kabupaten Muara Bungo. Sedangkan pemimpin atau Kepala dari Dusun disebut dengan Rio.

  1. Pekon

Di beberapa Kabupaten yang ada di Provinsi paling timur di pulau Sumatera ini, desa disebut dengan sebutan Pekon dan untuk kepalanya disebut Kepala Pekon atau Peratin

Penyebutan Pekon untuk wilayah setingkat desa di Provinsi Lampung ini hanya berlaku untuk Kabupaten Lampung Barat, Kabupaten Tanggamus, Kabupaten Pringsewu dan Kabupaten Pesisir Barat. Sedangkan khusus di Kabupaten Tulang Bawang Barat, desa di Kabupaten ini disebut dengan nama Tiyuh. Untuk kepala atau pemimpin dari Tiyuh disebut dengan Kepalo Tiuh.

  1. Negeri

Di beberapa Kabupaten di Provinsi Maluku, diantaranya Kabupaten Maluku Tengah dan sebagian Kota Ambon menyebut desa dengan nama Negeri. Sedangkan yang bertindak sebagi pimpin atau Kepala Negeri disebut Kepala Pemerintah Negeri.(red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR