Selasa, Juni 25, 2024
BerandaInHouseFeatureMengenal Jonathan Kura-kura Tertua di Dunia

Mengenal Jonathan Kura-kura Tertua di Dunia

Serang, Bantentv.com – Kura-kura bernama Jonathan dinobatkan sebagai kura-kura tertua di dunia. Jonathan mendapatkan rekor dunia dari Guinness World Records, karena Kura-kura darat ini sudah berusia 190 tahun. Diketahui, Jonathan mendapatkan rekor sebagai Chelonian kategori yang mencakup semua kura-kura, terrapin dan kura-kura darat tertua. Sebelumnya Chelonian tertua adalah Tu’i Malila, seekor kura-kura darat yang hidup selama 188 tahun.

Jonathan diyakini lahir pada tahun 1832 dan ulang tahunnya ditetapkan pada 4 Desember oleh Nigel Philips, Gubernur Wilayah Negeri Inggris, maka dari itu di tahun 2022 ini usianya adalah 190 tahun. Jonathan adalah kura-kura raksasa Seychelles (Aldabrachelys Gigantean Hololissa).

Kura-kura jenis ini dikenal sebagai hewan darat yang bisa hidup lama, dan sekarang Jonathan resmi dinobatkan sebagai kura-kura tertua yang pernah terdokumentasikan. Selama hidupnya, Jonathan telah menyaksikan berbagai sejarah dunia, mulai dari perang dunia kedua, 39 kali pergantian presiden AS, dan nyaris bertemu dengan Napoleon.

Usia Jonathan ini merupakan perkiraan berdasarkan fakta bahwa dia sudah dewasa sepenuhnya dan setidaknya berusia 50 tahun ketika tiba di St. Helena dari Seychelles pada tahun 1882, jadi kemungkinan besar Jonathan lebih tua dari yang diperkirakan. Perkiraan usia tersebut dilihat dari sebuah temuan foto lama yang diambil antara tahun 1882 dan 1886. Dimana pada foto tersebut terlihat Jonathan yang sudah dewasa sedang merumput di Taman Plantation House, kediaman Gubernur St. Helena, tempat dimana kura-kura ini menghabiskan sebagian besar hidupnya.

Diketahui pada usia tuanya saat ini Jonathan sudah kehilangan penglihatannya dan tak bisa mencium bau tetapi masih bisa merumput di halaman kediaman Gubernur St. Helena. Disana juga banyak kura-kura lain yang menemani Jonathan seperti David, Emma dan Fred. Makanan favorit jonathan yaitu kubis, mentimun, dan wortel. Selain hobi makan dia juga gemar tidur dan kawin.

Belum diketahui penyebab Jonathan bisa hidup sangat lama, tetapi kura-kura raksasa mampu dengan cepat membunuh sel-sel rusak dalam proses yang disebut Apoptosis, proses tersebut bisa melindungi mereka dari kerusakan sel-sel yang bisa memburuk seiring bertambah usia. (red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR