Minggu, April 14, 2024
BerandaInHouseFeatureMengenal Halloween Day yang Diperingati Setiap 31 Oktober

Mengenal Halloween Day yang Diperingati Setiap 31 Oktober

Serang, Bantentv.com – Beberapa hari terakhir ini, halloween day ramai diperbincangkan masyarakat luas. Hal ini tak terlepas dari tragedi mengenaskan yang terjadi di Itaewon, Korea Selatan 30 Oktober 2022 kemarin. Meskipun sudah tidak asing di telinga publik, mungkin sebagian masyarakat belum mengetahui apa itu Halloween Day dan mengapa identik dengan hantu yang menyeramkan pada perayaannya.

Hari Halloween atau Halloween Day adalah tradisi yang dirayakan setiap 31 Oktober setiap tahunnya. Orang yang merayakan Halloween biasanya memakai kostum-kostum yang unik dan menyeramkan serta menghias rumah-rumah dengan dekorasi yang juga seram. Selain itu, perayaan Halloween juga identik dengan lentera dari buah labu yang dilubangi membentuk wajah Jack O’Lantern.

Melansir situs History, hari Halloween berasal dari festival Celtic kuno Samhain. Hari Halloween tak terlepas dari perayaan tahun baru bangsa Celtic pada 1 November. Bangsa Celtic adalah orang-orang yang hidup di daerah Eropa sekitar 2 ribu tahun lalu. Mereka percaya, bahwa pada malam sebelum tahun baru, batas antara dunia orang hidup dan yang mati menjadi kabur. Oleh karena itu pada malam 31 Oktober bangsa Celtic merayakan Samhain, yakni peringatan hantu orang mati kembali ke bumi.

Di perayaan festival tersebut orang-orang mengenakan kostum seperti kepala dan kulit binatang untuk mengusir hantu dan setelah perayaan berakhir, bangsa Celtic akan menyalakan api unggun. Api itu dianggap suci dan bisa membantu melindungi mereka selama musim dingin yang akan datang.

Tradisi perayaan Halloween di setiap negara berbeda-beda. Kini Halloween terkenal dengan tradisi Trick or Treating. Tradisi ini merupakan acara dimana orang-orang datang dari rumah ke rumah untuk meminta makanan atau uang dengan menggunakan kostum hantu.

Kemudian pada abad ke-18, perayaan Halloween dijadikan hari khusus dan hari libur. Anak-anak hingga kalangan dewasa sangat antusias merayakan Halloween day ini. Mereka akan meramaikan Halloween day dengan berbagi cerita hantu, lelucon, hingga kisah sihir. Tak hanya itu, mereka kini juga merayakan Halloween day sengan berbagai permainan unik. Biasanya orang-orang juga akan menyediakan makanan khusus untuk memeriahkan hari spesial ini. (erina/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR