Sabtu, Mei 18, 2024
BerandaInHouseFeatureMengenal Fakta-fakta Unik Catur

Mengenal Fakta-fakta Unik Catur

Serang, Bantentv.com – Catur merupakan salah satu jenis permainan tradisional yang cukup populer. Permainan mengasah otak yang dimainkan oleh dua orang ini mungkin tidak disukai sebagian orang karena membutuhkan daya pikir yang cukup berat. Namun sebagian lagi yang sudah hobi dengan permainan ini akan merasa keberatan untuk meninggalkannya.

Catur menjadi permainan yang sangat popular di seluruh dunia. Sudah banyak pertandingan berskala Internasional yang digelar, bahkan sampai memiliki cabang olahraganya sendiri di olimpiade. Berikut lima fakta menarik tentang catur :

Sejarah Catur

Sejarah catur bermula dari negara India pada kekaisaran Gupta. Lalu bergerak ke arah barat pada abad ke-9. Tentu saja terdapat kemajuan yang lebih baik dibanding periode waktu sebelumnya. Hingga membuat catur seperti saat ini.

Durasi Permainan Catur

Pertandingan catur bisa berdurasi panjang ataupun sebaliknya, tergantung dari keahlian masing-masing pemain. Jika dimainkan oleh para master, bisa jadi durasinya cukup panjang. Turnamen catur dengan durasi terlama di dunia tercatat sebanyak 269 langkah atau sekitar 20 jam 15 menit.

Menjadi Mata Pelajaran di Armenia

Catur menjadi mata pelajaran wajib sekolah-sekolah di Armenia. Setiap anak berusia 6 tahun keatas, wajib mengikuti pelajaran catur. Di Armenia, mata pelajaran catur setara dengan standar pelajaran matematika dan sejarah. Armenia negara pertama di dunia yang memasukkan catur sebagai mata pelajaran wajib di sekolah.

Dari Bahasa Arab

Salah satu istilah paling populer dari catur adalah checkmate atau skakmat. Istilah skakmat berasal dari bahasa Arab, yaitu shah mat yang artinya kematian raja. Kematian raja identik dengan runtuhnya sebuah kerajaan atau kondisi darurat. Ini sama dengan kondisi yang dialami dalam permainan catur, ketika skakmat.

Catur Komputer Pertama di Dunia

Ahli matematika dan ilmuwan komputer bernama Alan Turing, mengembangkan program permainan catur berbasis komputer pada tahun 1952. Karena tidak ada memori dan peranti lunak yang kuat untuk menjalankan programnya itu, akhirnya Turing mengimplementasikan idenya itu dengan program secara manual di atas selembar kertas yang memakan waktu beberapa menit per gerakan. (erina/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR