Minggu, Juli 14, 2024
BerandaInHouseFeatureManfaat Kolang-Kaling bagi Kesehatan Tubuh

Manfaat Kolang-Kaling bagi Kesehatan Tubuh

Serang, Bantentv.com – Kolang-kaling merupakan biji muda dari buah pohon aren yang sering dijadikan bahan campuran olahan minuman dan makanan manis. Seperti kolak, es buah hingga manisan dibuat saat bulan Ramadan. Buah ini banyak ditemui di negara-negara di Asia, seperti Indonesia, Malaysia, dan Filipina. Selain enak dikonsumsi sebagai menu takjil, kolang-kaling juga memiliki kandungan gizi yang istimewa dan banyak manfaat bagi kesehatan tubuh.

Dilansir dari beberapa sumber, berikut manfaat kolang-kaling bagi kesehatan tubuh :

Memperlancar sistem pencernaan

Kolang-kaling mengandung sekitar 1,6 gram serat tidak larut. Jenis serat ini mendukung pergerakan sistem pencernaan dan meningkatkan masa feses. Mengonsumsi makanan yang mengandung serat tidak larut bermanfaat untuk yang sedang mengalami sembelit alias konstipasi.

Selain kolang-kaling, serat tidak larut air dapat ditemukan dalam gandum, kacang-kacangan, dan sayuran hijau.

Mendukung kesehatan tulang

Diketahui kolang-kaling memiliki kadar air sangat tinggi, yaitu hingga 93,8% dalam setiap 100 gram buah. Kolang kaling juga terbukti memiliki kandungan kalsium yang tinggi, yakni mencapai 91 miligram. Maka dapat dipastikan kolang-kaling  bermanfaat untuk kesehatan tulang dan mencegah osteoporosis. Bahkan kolang kaling mengandung lebih banyak serat daripada susu.

Meningkatkan kekebalan tubuh

Vitamin C dan serat yang terkandung pada kolang-kaling dapat membantu menjaga sistem kekebalan tubuh. Pasalnya, vitamin C bersifat antioksidan yang dapat melindungi sel-sel tubuh dari paparan radikal bebas. Selain itu, serat pangan berperan penting menjaga sistem pencernaan agar tetap sehat.

Mengobati radang sendi

Kolang-kaling juga bermanfaat mengobati radang sendi. Pada umumnya, karbohidrat yang terkandung pada kolang-kaling adalah galaktomannan. Galaktomannan juga sering digunakan sebagai salah satu  bahan dalam pembuatan obat-obatan untuk penyakit radang sendi. Selain itu, galaktomannan memiliki fungsi untuk meredakan atau mengurangi rasa sakit yang disebabkan oleh penyakit radang sendi. Cara mengonsumsi untuk mengobati rasa radang sendi cukup dengan merebus kolang-kaling tanpa gula atau pewarna.

Membantu menghidrasi tubuh

Kolang-kaling memiliki kadar air yang relatif tinggi dan kandungan vitamin serta berbagai mineral di dalamnya menjadikan buah satu ini mampu menghidrasi tubuh. Hidrasi atau mempertahankan jumlah cairan di dalam tubuh merupakan hal yang sangat penting bagi semua orang, baik yang sehat maupun yang sedang sakit. Jadi, selain banyak minum air putih, kolang-kaling juga bisa jadi asupan cairan tambahan bagi tubuh. (erina/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR