Kamis, Juli 25, 2024
BerandaInHouseFeatureKebiasaan-Kebiasaan yang Bisa Membuat Wajah Terlihat Tua

Kebiasaan-Kebiasaan yang Bisa Membuat Wajah Terlihat Tua

Serang, Bantentv.com – Kebanyakan orang, baik pria maupun wanita pasti ingin terlihat menarik dan terkesan awet muda, ditambah lagi wajah merupakan salah satu bagian tubuh yang perlu dijaga agar tidak terlihat cepat tua. Berbagai cara dilakukan agar tampilan selalu tampak muda, seperti berpakaian, menggunakan skincare hingga pergi ke salon perawatan kulit dan wajah. Penuaan tidak selalu soal wajah atau penampilan, penuaan juga bisa terjadi pada berbagai organ yang ada di dalam tubuh. Namun, tanpa disadari, banyak dari kebiasaan sehari-hari yang dilakukan justru bisa cepat membuat lebih tua.

Berikut kebiasaan-kebiasaan yang bisa membuat wajah cepat menua :

Begadang

Salah satu penyebab awet muda salah satunya memiliki kualitas tidur yang baik. Tak hanya posisi tidur, kurangnya waktu tidur yang berkualitas dapat menjadi penyebab penuaan pada wajah.

Begadang hingga kurang tidur menjadi salah satu kebiasaan yang bikin wajah terlihat tua karena di malam hari sel-sel kulit bekerja untuk memperbaiki kerusakan yang dialaminya di siang hari, seperti paparan sinar matahari, polusi, berjerawat. Kurang tidur juga bisa membuat tubuh tidak fresh.

Merokok dan mengkonsumsi alkohol

Rokok dan alkohol memiliki kandungan yang bisa membuat kulit kering. Merokok dan mengkonsumsi alkohol dalam jangka panjang bisa menyebabkan kerusakan dan penyakit kulit yang serius.

Jarang memakai sunscreen atau tabir surya

Sunscreen atau tabir surya merupakan produk yang bisa melindungi kulit wajah dari radikal bebas dan paparan sinar matahari. Jarang menggunakan sunscreen bisa menyebabkan muka cepat tua, muncul keriput di wajah dan flek hitam. Oleh sebab itu, gunakanlah sunscreen setiap pagi dan siang hari, di dalam ruangan maupun di luar ruangan.

Sering menatap layar gawai

Sering menatap layar gawai dalam waktu yang lama menjadi salah satu penyebab wajah cepat tua. Paparan cahaya biru (Blue Light) dari layar gawai bisa mempengaruhi kesehatan kulit. Sebaiknya mulai kurangi intenstitas pemakaian gawai dengan mengantikannya dengan aktivitas lain seperti membaca buku, berkebun dan hobi yang lain.

Stress

Stress berlebih yang dibiarkan terlalu lama perlahan akan membuat wajah terlihat menjadi tua dan hormon kortisol akan meningkat saat stres. Hormon ini memengaruhi sistem tubuh termasuk kesehatan kulit. (red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR