Minggu, Juli 14, 2024
BerandaInHouseFeatureHari Batik Nasional, Berikut Museum-museum Batik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Hari Batik Nasional, Berikut Museum-museum Batik di Indonesia yang Wajib Dikunjungi

Bantentv.com – Hari batik nasional yang jatuh pada 2 Oktober lalu, batik merupakan salah satu warisan budaya Indonesia. Keunikan dari motif-motif batik menjadi daya tarik bagi siapa saja yang melihatnya, baik orang dari dalam maupun luar negeri.

Pada tahun 2009, Organisasi Pendidikan, Ilmu Pengetahuan, dan Kebudayaan Perserikatan Bangsa-Bangsa (UNESCO) menetapkan batik sebagai Warisan Kemanusiaan untuk Budaya Lisan dan Nonbendawi.

Mengunjungi museum batik bisa jadi salah satu cara untuk merayakan hari batik nasional untuk mengenal warisan budaya Indonesia ini. Berikut museum-museum batik yang wajib di kunjungi :

  1. Museum Batik Yogyakarta

Museum Batik Yogyakarta terletak di Jalan Dr. Sutomo No. 13A, Bausasran, Yogyakarta. Museum Batik Yogyakarta pertama kali didirikan pada tahun 1960-an atas prakarsa Hadi Nugroho si pemilik museum. Pada tahun 1979, tempat ini diresmikan dan diakuisisi oleh pemerintah daerah DIY (Daerah Istimewa Yogyakarta). Pada tahun 2001, museum mendapatkan sertifikat dari UNESCO sebagai warisan kultural dunia.

Jam Operasional museum ini buka setiap Senin sampai Sabtu pukul 09.00 – 15.00 WIB dengan HTM umum Rp. 20.000, sedangkan untuk pelatihan membuat batik Rp. 40.000.

  1. Museum Ullen Sentalu Yogyakarta

Masih berada di Yogyakarta museum ullen sentalu Yogyakarta ini terletak  terletak di Kecamatan Pakem, Kabupaten Sleman, Daerah Istimewa Yogyakarta, adalah museum yang menampilkan budaya dan kehidupan para bangsawan Dinasti Mataram beserta koleksi bermacam-macam batik.

Museum ini buka pada hari Selasa – Minggu: 08.30 – 16.00 WIB, dengan harga tiket masuk museum ini dibedakan menjadi dua kelas sesuai jenis tur yaitu Adiluhung Mataram dan Vorstenlanden. Untuk dapat mengikuti tur Adiluhung Mataram pengunjung dikenakan tarif Rp 50.000 per orang, sementara untuk tur Vorstenlanden dikenakan tarif sebesar Rp 100.000 per orang.

  1. Museum Batik Pekalongan

Museum Batik Pekalongan berada di Jl. Jatayu No. 3 Kota pekalongan, tepatnya di kawasan budaya Jatayu Pekalongan. Museum Batik Pekalongan diresmikan oleh Presiden Republik Indonesia ke-6 Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 12 Juli 2006. Banhunan Museum ini mempunyai luas sekitar 2500 m2menempati lahan seluas 3675 m2.  Museum Batik Pekalongan menyimpan banyak koleksi batik tua hingga modern baik itu yang berasal dari daerah pesisiran, daerah pedalaman dan area Jawa lainnya, batik dari berbagai daerah di Nusantaara seperti dari Sumatera, Kalimantan, hingga Papua, dan kain jenis teknik batik dari manca negara.

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR