26.2 C
Serang
Jumat, Desember 8, 2023
BerandaInHouseFeatureHal yang Perlu Dihadapi saat Gempa

Hal yang Perlu Dihadapi saat Gempa

Serang, Bantentv.com – Gempa bumi tektonik berkekuatan 5,5 magnitude beberapa waktu lalu menguncang wilayah Banten, tentunya masyarakat harus sigap dalam menghadapi bencana yang datang tanpa diduga tersebut.

Sebagaimana diketahui Gempa bumi merupakan getaran atau guncangan yang terjadi di permukaan bumi akibat pelepasan energi dari bawah permukaan secara tiba-tiba yang menciptakan gelombang seismik.

Gempa bumi biasa disebabkan oleh pergerakan kerak bumi atau lempeng bumi. Selain itu, gempa bumi juga bisa disebabkan oleh letusan gunung api. Bencana alam yang satu ini sering terjadi di Indonesia, sehingga perlu memahami cara menghadapi gempa bumi.

Lalu bagaimana cara menghadapi saat terjadi gempa bumi? Berikut hal-hal yang perlu dihadapi saat gempa.

  1. Saat di dalam ruangan pada waktu gempa

Saat sedang berada di dalam ruangan, pastikan pada waktu gempa bumi berlangsung anda bisa mengambil posisi jongkok dan berlindung dibawah perabotan rumah, seperti meja yang stabil. Jauhi benda yang terbuat dari kaca seperti jendela maupun lemari dan barang-barang yang mudah pecah lainnya.

Hati-hati dengan listrik yang mungkin padam atau sistem pemadam kebakaran di gedung yang mungkin berfungsi secara otomatis. Jika sudah bisa keluar bangunan, carilah tanah lapang.

  1. Saat di luar ruangan pada waktu gempa

Saat berada di ruangan tetaplah di sana, ambil posisi melindungi wajah dan kepala kemudian carilah tanah lapang, menjauh dari bangunan, lampu-lampu jalan, kabel-kabel listrik dan telepon yang ada. Hindari posisi dekat pintu keluar gedung atau bangunan dan jangan dekat dinding.

  1. Berada di kendaraan bergerak saat gempa

Jika sedang dalam perjalanan dan berada di dalam kendaraan, sebaiknya segera berhenti. Terus perhatikan jalanan agar tidak nge-rem mendadak dan tidak terjadi tubrukan antar kendaraan. Hindari berhenti didekat atau di bawah bangunan, pohon, jembatan layang atau kabel-kabel listrik atau telepon. Setelah goncangan gempa berhenti, berjalan kembali pelan-pelan. Hindari jalanan, jembatan yang rusak terdampak gempa. (erina/red)

Artikel Terkait

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

Terbaru

Komentar Pengunjung