Minggu, Juli 14, 2024
BerandaInHouseFeatureCara Agar Pakaian yang Dijemur Bebas Bau Apek

Cara Agar Pakaian yang Dijemur Bebas Bau Apek

Serang, Bantentv.com – Mencuci pakaian merupakan aktivitas sehari-hari yang biasa dilakukan setiap orang. Mencuci pakaian bisa dilakukan setiap hari atau dua kali seminggu bahkan tiga kali seminggu. Pakaian dicuci agar bisa dikenakan lagi di kemudian hari dan dapat terlihat wangi dan bersih.

Namun, terkadang cuaca yang akhir-akhir ini tidak menentu dan perawatan pakaian yang dicuci dan dijemur justru menimbulkan bau apek dan membuat malas untuk memakainya. Biasanya bau apek bisa muncul karena berbagai penyebab, antara lain meletakkan pakaian basah di dalam mesin cuci terlalu lama, pakaian tidak kering seutuhnya, tidak cocok dengan detergen, serta akibat mesin cuci yang jarang dibersihkan.

Berikut cara mudah agar baju yang dijemur bebas bau apek :

  1. Pakaian dicuci sebanyak dua kali

Mencuci pakaian sebanyak dua kali adalah salah satu cara yang bisa dilakukan agar baju yang dijemur bebas dari bau apek. Baju yang kotor dan bau keringat bila dicuci dengan mesin cuci sebaiknya dicuci sebanyak dua kali untuk memastikan bau dan kotor tidak tertinggal di pakaian sehingga pada saat dijemur tidak menimbulkan bau apek.

  1. Rendam pakaian dengan deterjen

Jika pakaian basah akibat keringat sebaiknya sebelum dicuci bisa direndam terlebih dahulu. Rendamlah pakaian sekitar 30 menit hingga satu jam agar sabun deterjen bisa menyerap bau keringat maupun kotoran debu yang menempel di pakaian.

  1. Pakaian dibilas sebanyak dua kali

Jika mencuci pakaian menggunakan mesin cuci, mencuci pakaian bisa dilakukan sebanyak dua kali. Tetapi, jika tidak menggunakan mesin bisa dengan membilas sebanyak dua kali dengan menggunakan air bilasan yang berbeda. Setelah dibilas bisa dengan menuangkan pewangi pakaian sebelum dijemur, cara ini merupakan cara alternatif yang bisa dilakukan agar baju tidak menimbulkan bau apek setelah dijemur.

  1. Segera angkat pakaian saat hujan

Salah satu penyebab bau apek pakaian saat dijemur adalah terkena air hujan, pakaian yang terkena air hujan pakaian bisa menjadi lembab. Kondisi pakaian yang lembab membuat bakteri tumbuh dan menyebabkan bau tidak sedap. Jadi, jika dirasa akan turun hujan segeralah angkat pakaian jangan sampai terkena percikan air hujan.

  1. Jangan langsung melipat pakaian kering ke lemari

Pakaian yang sudah kering setelah dijemur sebaiknya jangan langsung dilipat dan dimasukan ke lemari. Pasalnya, pakaian yang baru saja terkena matahari dan udara panas meninggalkan aroma yang berbeda. Oleh sebab itu, agar pewangi pakaian tetap bertahan lama sebaiknya pakaian yang kering digantung terlebih dahulu menggunakan hanger. Dengan begitu pakaian bisa mendapatkan aroma pewangi pakaian masih tetap tercium.(red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR