Selasa, Juni 25, 2024
BerandaHiburanUlasan FilmFilm ‘Ngeri-Ngeri Sedap’ Wakili Indonesia di Oscar 2023

Film ‘Ngeri-Ngeri Sedap’ Wakili Indonesia di Oscar 2023

Serang, Bantentv.com – Film ‘Ngeri-Ngeri Sedap’ terpilih mewakili Indonesia bersaing di ajang Piala Oscar atau lebih dikenal dengan Academy Awards ke-95. Film besutan sutradara Bene Dion Rajagukguk ini masuk dalam kategori best international feature film.

Sebelumnya, film ini terlebih dulu diseleksi oleh Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022 yang beranggotakan sembilan orang dari berbagai bidang, termasuk wartawan dan krtikus film. Mereka adalah Deddy Mizwar, Zairin Zain, Armantono, Cesa David Luckmansyah, Garin Nugroho, Ilham Bintang, Niniek L Karim, Slamet Rahardjo, dan Yadi Sugandi.

Diberitakan Antara, Ketua Komite Seleksi Oscar Indonesia 2022, Deddy Mizwar mengatakan ada beberapa syarat sebuah film bisa mengikuti Oscar. Salah satunya adalah film sudah pernah diputar di bioskop selama seminggu berturut-turut. Komite Seleksi Oscar Indonesia telah memutar beberapa film yang masuk kategori secara khusus di XXI Plaza Senayan pada 12  September lalu. Pemutaran film kemudian dilanjutkan dengan diskuis anggota juri yang akhirnya memutuskan film ‘Ngeri-Ngeri Sedap’ mewakili Indonesia di Piala Oscar, 12 Maret 2023 mendatang.

“Inilah yang bisa diupayakan Komite Seleksi Oscar Indonesia, selebihnya mari kita doakan bersama agar diberikan hasil terbaik,” ungkap Deddy Mizwar.

Piala Oscar selalu digelar setiap tahun untuk memberikan penghargaan film panjang yang diproduksi di luar Amerika Serikat dengan sebagian besar dialog non Bahasa Inggris. Sebelumnya, Indonesia sudah pernah mengirimkan film Nagabonar pada tahun 1987 untuk mewakili Indonesia di ajang Piala Oscar kategori the international feature film award. Nagabonar menjadi film pertama Indonesia yang dikirim ke Oscar sepanjang sejarah perfilman tanah air.

Diketahui, ‘Ngeri-Ngeri Sedap’ merupakan film keluarga bergenre komedi yang mengangkat kebudayaan Batak. Menceritakan tentang kerinduan orangtua pada anak-anaknya yang sudah sukses di perantauan. Anak-anak mereka sangat sulit diminta pulang. Karena kerinduan itu, dua orangtua ini membuat strategi unik yang bisa membuat anak-anaknya pulang.

Sejak penayangan pertamanya di bioskop pada 2 juni 2022, film ini berhasil meraih lebih dari 3 juta penonton. Respon positif juga berdatangan dari semua penonton. (kholi/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR