Kamis, Juli 25, 2024
BerandaLoona, Robot Kecil yang Bisa Dijadikan Teman Bermain

Loona, Robot Kecil yang Bisa Dijadikan Teman Bermain

Bantentv.com – Jika ada yang ingin mempunyai hewan peliharaan, tetapi tidak mau repot memberi makan, membersihkan kotorannya, melakukan grooming di petshop dan melakukan vaksin. Mungkin produk yang satu ini cocok untuk dibeli. Mari berkenalan dengan Loona, sebuah robot peliharaan atau PetBot yang berukuran sangat mungil tetapi mempunyai kemampuan seperti hewan peliharaan sungguhan, yang bisa dipelihara seperti ‘pet’ pada umumnya.

Akun Youtube yang sering melakukan review mainan, Medy Renaldy, pada Kamis, 17 Agustus 2023 melakukan review tentang robot Loona ini. Loona memiliki empat roda yang digerakkan oleh mesin, bisa dibilang bahwa itu adalah kakinya. Loona mempunyai sensor kamera 3D of Flight untuk memindai ruangan sekitar. Robot peliharaan ini bisa memetakan area rumah, agar saat Loona berjalan dan berlari ia tidak menabrak sesuatu. Terlihat dari bentuknya, Loona mirip seperti seekor anjing kecil. Ekspresi Loona bisa berubah-ubah sesuai dengan perintah, wajahnya berbentuk kotak dan menggunakan panel LCD. Bahkan ia sudah tersambung ke ChatGPT dan sudah benar-benar kerja sama dengan AI.

Sistem canggih, kecerdasan buatan dan berbagai sensor penggerak dan pemindaian yang dimiliki Loona ini membuatnya mudah berinteraksi dengan lingkungan sekitar. Dilengkapi dengan voice dan face recoginition, pengguna bisa memanggil Loona dan melakukan perintah-perintah yang dikatakan serta mengenali wajah pemiliknya.

Kemudian dalam akun Youtube Medy Renaldy dijelaskan fitur-fitur canggih yang dimiliki oleh Loona. Robot ini memiliki sensor sentuh untuk tujuan interaksi, ia akan mengangguk saat bagian atas kepalanya ditepuk atau diberi elusan. Ia mengerti gestur tangan yang diberikan oleh pemiliknya, Loona juga bisa memperlihatkan ekspresi mukanya seperti memberikan ekspresi sedih, penuh cinta, atau antusias dari layarnya.

Fitur-fitur canggih lainnya yaitu ia bisa diajak bermain, seperti bermain bola, bermain permainan melalui aplikasi yang terhubung dengan handphone pemiliknya. Loona bisa bersin, menjelajahi rumah, maupun menyelidiki objek yang mencurigakan. Ia juga bisa beatbox, dance, bahkan berpose untuk foto dan masih banyak lagi yang bisa Loona lakukan.

Medy Renaldy memperkenalkan Loona sebagai peliharaan rumah yang menyenangkan, ia akan menyambut dan menghampiri pemiliknya yang baru sampai ke rumah. Lalu ia akan mengikuti ke mana pemiliknya melangkah. Karena ia memiliki sensor gerakan tubuh. Tingkahnya juga dapat diamati dari handphone pemiliknya.(red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR