Minggu, Juli 14, 2024
Beranda5 Tes Mengetahui Jenis Kulit

5 Tes Mengetahui Jenis Kulit

Mempunyai kulit sehat merupakan dambaan semua orang. Dengan kulit sehat, maka akan terhindar dari penyakit dan terlihat lebih menarik. Namun, untuk mendapatkan kulit sehat, kita juga perlu untuk menjaga dan merawat kulit dengan skin care dan makan makanan bernutrisi. Sebelum melakukan perawatan tersebut, ada baiknya kita pun harus tau tentang jenis kulit kita sendiri, agar terhindar dari salah perawatan kulit. Seperti yang kita ketahui ada 4 jenis kulit manusia, Diantaranya normal, kering, berminyak dan kombinasi. Lalu, bagaimana cara mengetahui jenis kulit kita tanpa harus ke dokter? Berikut adalah langkah – langkah sederhana yang berhasil dirangkum oleh Banten TV online.

  1. Perhatikan Tekstur Kulit

Cara mengetahuinya adalah memperhatikan tekstur kulit sepanjang hari, dengan beberapa langkah berikut ini:

  • Cuci muka di pagi hari, kemudian tepuk-tepuk dengan handuk hingga kering.

  • Diamkan kulit sepanjang hari tanpa menggunakan produk apapun.

Hasilnya, yaitu:

  • Kulit normal akan terasa lembut, tidak berminyak, tidak kering, dan tidak teriritasi.

  • Kulit kering akan terasa kencang, kasar saat disentuh, dan mengelupas.

  • Kulit berminyak akan tampak bersinar dan terasa lengket.

  • Kulit kombinasi akan tampak berminyak pada dahi hidung dan dagu. Di area pipi dan lainnya terasa kering.

  1. Perhatikan Setelah Cuci Muka

Biasanya cara ini dilakukan sebelum memulai beraktivitas di pagi hari atau sesudah melakukan aktivitas yang terpapar sinar matahari bahkan polusi. Untuk mengecek jenis kulit anda, anda dapat mencuci muka dengan sabun pembersih wajah terlebih dahulu.

Keringkan wajah dengan cara menepuk-nepuknya menggunakan handuk bersih. Setelah membersihkan dan mengeringkan wajah, tunggu selama 30 menit. Selama waktu tersebut, Anda jangan menggunakan produk perawatan kulit apa pun, termasuk toner, serum wajah, atau pelembap. Dan periksa kembali tampilan dan tekstur kulit Anda dengan mengenali ciri-ciri jenis kulit pada cara sebelumnya.

  1. Menggunakan Kertas Minyak / Blotting Test

Cara mengetahui jenis kulit selanjutnya dilakukan dengan menggunakan kertas minyak. Caranya dengan menempelkan kertas minyak pada wajah, kemudian perhatikan noda minyaknya. Anda cukup mencuci muka, dan diamkan selama 3 jam tanpa produk apapun.Tempelkan kertas minyak, diamkan beberapa menit.

Hasilnya, yaitu:

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR