Minggu, Mei 19, 2024
BerandaBeritaWarga Serbu Penukaran Uang Rupiah Baru di Alun-alun Cilegon

Warga Serbu Penukaran Uang Rupiah Baru di Alun-alun Cilegon

Cilegon, Bantentv.com – Menyambut hari raya Idul Fitri tahun 2022, jasa penukaran uang rupiah baru yang dibuka oleh Bank Indonesia (BI) Banten di Alun-alun Kota Cilegon diserbu ratusan masyarakat.

Pelaksana penukaran uang BI Banten, Andika Saputra mengatakan pendaftaran penukaran uang harus dilakukan maksimal satu hari sebelum jadwal kas keliling berlangsung. Pendaftaran dilakukan secara online melalui aplikasi pintar sehingga tidak terjadi antrian panjang saat melakukan penukaran uang rupiah baru.

Namun, saat ini pihaknya masih mentolerir bagi warga yang datang langsung atau daftar secara offline. Namun lebih diutamakan yang sudah terdaftar di aplikasi pintar. Selanjutnya pada lebaran tahun ini, BI Banten telah menyiapkan sebesar Rp2,9 Triliun untuk melayani penukaran uang baru kepada masyarakat se-Banten.

“Pendaftaran penukaran uang ini sudah dilakukan melalui online, namun jika ada masyarakat datang secara langsung kita juga terima,” ungkap Andika.

Salah satu warga yang menukarkan uangnya di kas keliling ini, Waldatun Tahi’atun mengaku dirinya sengaja menukarkan uang baru ini untuk keperluan pembagian uang lebaran kepada keponakannya nanti dan juga menghindari adanya penipuan uang palsu jika menukarkan di luar bank.

“Penukaran di BI lebih terjamin keasliannya,” ujar salah seorang warga.

Untuk cara tukar uang baru di kas keliling, masyarakat harus lebih dulu melakukan pendaftaran di aplikasi pintar. Lalu saat ingin menukarkan uang baru di kas keliling harus menyertakan bukti pendaftaran layanan penukaran uang rupiah baru dalam bentuk digital maupun cetak. (ly/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR