Sabtu, Mei 18, 2024
BerandaBeritaTujuh Tahun Lahan Pertanian Tercemar, Puluhan Petani Geruduk Kantor Bupati Lebak

Tujuh Tahun Lahan Pertanian Tercemar, Puluhan Petani Geruduk Kantor Bupati Lebak

LEBAK – Puluhan petani di Kecamatan Cimarga, Lebak, Banten melakukan aksi unjuk rasa di depan kantor Bupati Lebak, Kamis pagi (3/2). Para petani meminta keadilan atas lahan pertanian yang tercemar oleh perusahan tambang pasir. Selain itu para petani  juga menagih ganti rugi yang telah dijanjikan oleh pihak perusahaan tambang pasir yang hingga kini belum direalisasikan.

Puluhan petani yang mayoritas ibu-ibu ini mengaku sudah hampir  tujuh tahun tidak bisa menggarap lahan pertanian lantaran tercemar limbah galian pasir dengan ketinggian hampir dua meter.

Menurut salah satu petani, Lili Tansiah, akibat tercemar limpah galian pasir ini para petani tidak  bisa menggarap lahannya dengan total sekitar 2 hektare tersebut.

“Udah tujuh tahun petani nggak bisa garap lahan pertanian,” ujarnya.

Sementara  Kepala Satpol PP Kabupaten Lebak, Dartim mengatakan pihaknya akan memanggil pihak perusahaan terkait adanya aduan dari para petani tersebut.

“Nanti kita sampaikan ke pimpinan, dan bisa saja pihak perusahaan akan dipanggil juga,” ungkap Dartim.

Para  petani tersebut meminta keadilan kepada pemerintah khususnya bupati agar para petani dapat bisa kembali bertani di lahan miliknya dan tidak tercemari oleh limbah pasir tersebut.(ano/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR