Kamis, Oktober 28, 2021
Beranda Berita TPAS Cilowong Tak Kelola Limbah Medis

TPAS Cilowong Tak Kelola Limbah Medis

Pandemi covid-19 melanda Banten sudah lebih dari satu tahun. Berbagai protokol kesehatan dilakukan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di Indonesia termasuk di Banten. Salah satunya dengan menggunakan masker. Ada masker berbahan kain ada juga masker medis yang digunakan hanya sekali pakai saja.

Sepanjang tahun 2020 saja limbah padat medis yang berasal dari Fasilitas Kesehatan (FASKES) di Provinsi Banten mencapai 24.439 ton. Sedangkan limbah cair medis sebanyak 5.526 m³. Data itu berdasarkan E-Monev limbah medis Kementerian Kesehatan (kemenkes) RI.

Berdasarkan surat edaran Menteri Lingkungan Hidup dan Kehutanan nomor se.2/mlhk/pslb3/plb.3/3/2020 tentang pengelolaan Limbah Infeksius (Limbah b3) dan sampah rumah tangga dari penanganan Corona Virus Disease (Covid-19), Pemerintah Daerah seharusnya menyiapkan boks khusus untuk masyarakat membuang limbah medis mereka seperti masker sekali pakai, sarung tangan, dan lainnya.

Namun bagaimana pengelolaan limbah medis di Kota Serang, sudahkah menjalankan sesuai edaran tersebut?

Menyikapi adanya surat edaran Kementrian Lingkungan Hidup dan Kehutanan tentang pengelolaan Limbah Infeksius, Limbah b3 dan sampah rumah tangga dari penanganan Covid – 19, Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang menyurati fasilitas layanan kesehatan di Kota Serang untuk tidak abai membuang limbah medis b3 ke TPAS Cilowong maupun TPS sementara yang tersebar di seluruh titik di Kota Serang.

Dari data yang dihimpun Dinas Lingkungan Hidup melalui laporan dari Fasilitas Layanan Kesehatan di Kota Serang terjadi peningkatan Limbah Medis b3 maupun sampah sejenis dari aktivitas medis di Kota Serang selama pandemi Covid-19.

Sampah medis tersebut merupakan kewenangan pihak ketiga dan FASKES baik Rumah Sakit dan Klinik itu sendiri, baik secara pengolahannya maupun penampungannya yang sudah terikat kerja sama. Karena pihak Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang dengan tegas melarang pihak manapun membuang limbah medis b3 maupun sampah sejenisnya ke TPAS Cilowong, Taktakan Kota Serang karena dinilai berbahaya.

Untuk mencegah sampah medis dibuang ke TPAS Cilowong maupun TPS sementara, DLH melakukan pengawasan ketat terhadap aktivitas pengangkutan dan pembuangan sampah. Sanksi berupa pemutusan kerja sama dengan pihak ketiga pun diberlakukan jika mereka nekat mengangkut dan membuang sampah berbahaya itu ke TPS sementara atau ke TPAS Cilowong.

Tidak adanya penampungan khusus sampah medis di TPAS cilowong menjadi PR Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang, kedepan akan dibuat tempat penampungan khusus sampah medis dan sejenisnya di TPAS Cilowong. Untuk mengantisipasi adanya sampah medis yang dibuang sengaja maupun tidak sengaja ke TPAS Cilowong dan pengolahannya akan diserahkan ke pihak yang berwenang.

Sementara kepala UPT Pengelolaan Sampah Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang, Askolani, mengatakan pihaknya sejauh ini tidak menemukan adanya sampah medis yang dibuang ke TPAS Cilowong. Adanya sanksi penghentian kerja sama pembuangan sampah menjadi alasan tidak ditemukannya sampah medis di TPAS Cilowong.

Pihaknya akan melakukan pengecekan kepada truk sampah yang masuk ke TPAS Cilowong untuk mencegah adanya sampah medis.

Langkah sosialiasi juga sudah dilakukan Dinas Lingkungan Hidup Kota Serang kepada Klinik dan Rumah Sakit di Serang dengan surat yang melarang pembuangan sampah medis ke TPAS Cilowong.

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

BPJS Kesehatan Gerak Cepat Tangani Kasus Penawaran Data di Forum Online

Jakarta (25/05/2021) – Beredarnya informasi adanya data yang ditawarkan di forum online yang diberitakan menyerupai data BPJS Kesehatan oleh pihak-pihak yang tidak bertanggung jawab,...

Museum Negeri Banten, Jendela Sejarah Tanah Jawara

Berada tepat di tengah Ibukota Provinsi Museum Negeri Banten kental dengan nuansa arsitektur kolonial yang menjadi daya tarik tersendiri bagi para pengunjung. Beragam koleksi...

Yoga Sebagai Alternatif Olahraga Di Tengah Pandemi Covid-19

Olahraga Yoga selain menjaga kebugaran fisik, memperbaiki postur tubuh juga bisa menjaga kesehatan psikis. Yoga bukan hanya melatih gerak tubuh tapi juga bisa melatih...

TPAS Cilowong Tak Kelola Limbah Medis

Pandemi covid-19 melanda Banten sudah lebih dari satu tahun. Berbagai protokol kesehatan dilakukan untuk mengurangi penyebaran Covid-19 di Indonesia termasuk di Banten. Salah satunya...

Recent Comments