Senin, April 22, 2024
BerandaBeritaTilang Elektronik Mulai Diberlakukan 1 April Di Banten

Tilang Elektronik Mulai Diberlakukan 1 April Di Banten

Electronic Trafic Law Enforcement atau ETLE dilaunching Polda Banten, pemberlakuan ETLE akan dimulai pada 1 April 2021 mendatang. Seluruh pengendara diminta tertib berlalu lintas karena kini mereka dipantau oleh kamera pengawas.

Launching tilang elektronik atau ETLE dihadiri langsung oleh Gubernur Banten, Wahidin Halim, dan Kapolda Banten, Irjen Pol Rudi Heriyanto. Sementara ada tiga titik ETLE di wilayah hukum Polda Banten yakni di lampu merah Ciceri, Pisang Mas dan Sumur Pecung Kota Serang.

Penegakan ETLE akan dilakukan pada tanggal 1 April secara serentak, bagi pengendara yang melanggar akan langsung ditindak dengan diberikan surat tilang ke alamat pelanggar.

Dirlantas Polda Banten, Kombes Pol Rudy Purnomo menjelaskan, di Indonesia ada 12 Polda yang akan memberlakukan ETLE, diantaranya Polda Banten. Ada 10 jenis pelanggaran yang akan ditindak yaitu pengendara yang tak memakai helm, melanggar marka jalan, melanggar lampu merah, memainkan hp saat berkendara, tak memakai sabuk pengaman, pajak mati, dan lain lain. Meski saat ini baru ada 3 titik diharapkan kedepannya semua daerah bisa menerapkan ETLE.

ETLE sudah di uji coba sejak awal Maret 2021, maka di tanggal 1 April 2021, ETLE akan mulai diberlakukan. Pelanggar akan disurati langsung ke rumahnya melalui kantor pos jika pelanggar mangkir dari panggilan maka STNK nya akan diblokir.

Gubernur Banten, Wahidin Halim, mengatakan, ETLE merupakan terobosan yang bagus dari Kepolisian dalam menindak pelanggar lalu lintas.

Menurut WH, penindakan dengan Tilang Elektronik atau ETLE dinilai lebih modern dan efektif dalam mendisiplinkan pengendara agar patuh terhadap rambu rambu aturan lalu lintas.

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR