Minggu, April 14, 2024
BerandaBeritaTidak Ada Rumah Sakit Rujukan Gagal Ginjal Akut di Banten

Tidak Ada Rumah Sakit Rujukan Gagal Ginjal Akut di Banten

Serang, Bantentv.com – Baru-baru ini Kementerian Kesehatan (Kemenkes) merilis 14 daftar rumah sakit di seluruh Indonesia yang menjadi rujukan pasien anak-anak dengan gangguan gagal ginjal akut progresif atipikal. Namun, dari 14 daftar tersebut tidak ada satupun yang lokasinya berada di Provinsi Banten.

Kepala Dinas Kesehatan Provinsi Banten, Ati Pramudji Hastuti mengatakan bahwa rumah sakit di Banten tidak ada satupun yang ditunjuk menjadi rujukan gagal ginjal akut. Sehingga jika ada pasien yang mengalami gejala gagal ginjal akut harus dirujuk ke Rumah Sakit Cipto Mangunkusumo (RSCM) di Jakarta Pusat.

“Di Banten tidak ada rumah sakit yang jadi rujukan pasien gagal ginjal akut, jadi jika ada yang mengalami gejala gagal ginjal akut harus dirujuk ke RSCM karena dari 14 rumah sakit tersebut sudah tersedia obat untuk gagal ginjal akut yang didatangkan dari Singapura,” ujar Ati.

Diberitakan sebelumnya, terdapat 23 kasus gagal ginjal akut di Banten. Kasus terbanyak terdapat di Kabupaten Tangerang yang mencapai 11 kasus, Kota Tangerang 7 kasus, Tangerang Selatan 2 kasus, Lebak 1 kasus, dan Kota Cilegon 1 kasus. Korban gejala gagal ginjal akut di Banten didominasi oleh anak-anak berusia di bawah 5 tahun. (red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR