Minggu, April 14, 2024
BerandaBeritaPerpustakaan Provinsi Banten Siapkan Lima Layanan

Perpustakaan Provinsi Banten Siapkan Lima Layanan

Serang, Bantentv.com – Dinas Perpustakaan dan Kearsipan (DPK) Provinsi Banten setidaknya memiliki beberapa layanan umum untuk masyarakat luas.

Bukan hanya masyarakat Banten, masyarakat di luar daerah lain pun boleh untuk menikmati sejumlah layanan di Perpustakaan yang terletak di Pakupatan, Cipocok Jaya, Kota Serang itu.

Saat pandemi Covid-19 mulai terkendali, layanan Perpustakaan Provinsi Banten ini telah kembali normal, dan tentu terbuka untuk umum.

Kepala DPK Provinsi Banten, Usman Asshiddiqi Qohara mengatAkan, salah satu tujuan pembentukan perpustakaan adalah untuk berkontribusi terhadap peningkatan kecerdasan dan keberdayaan bangsa.

Oleh karena itu kata dia, pemanfaatan perpustakaan oleh masyarakat sangat penting untuk meningkatkan daya saing masyarakat.

“Sebagai penyedia layanan, perpustakaan terbuka bagi seluruh kelompok masyarakat utnuk berkunjung dan memanfaatkan semua koleksi dan fasilitas yang dimiliki oleh perpustakaan,” katanya saat dikonfirmasi Banten  TV , pada Kamis, 11 Agustus 2022.

Diketahui ada lima layanan yang tersedia di DPK Provinsi Banten. Kelima layanan ini bisa dinikmati oleh masyarakat umum.

Berikut lima layanan umum di DPK Provinsi Banten.

  1. Layanan Baca di Tempat
    Usman mengatakan, layanan baca di tempat merupakan layanan yang diberikan berikan kepada pemustaka atau pengunjung yang bisa langsung mengakses koleksi perpustakaan secara luas dan terbuka yang telah disediakan.

2. Layanan Sirkulasi

Selanjutnya kedua adalah layanan sirkulasi. Menurut Usaman, layanan tersebut merupakan layanan kepada pemustaka dalam bentuk pelayanan pendaftaran anggota.

Mulai dari pelayanan peminjaman, pengembalian hingga perapanjangan peminjaman koleksi, dengan syarat sudah mrnjadi anggota perpustakaan.

3. Layanan Internet

Layanan ketiga adalah internet. Layanan tersebut kata Usman, merupakan layanan yang diberikan kepada pemustaka berupa akses internet gratis untuk menunjang kegiatan pembelajaran dan akses informasi dengan menyediakan wifi dan lab komputer bagi pemustaka yang tidak memiliki perangkat.

4. Layanan Referensi

Kemudian yang keempat ada layanan referensi. Usman menyebut, layanan ini merupakan layanan rujukan khusus.

“Buku-buku seperti ensiklopedia kamus dan rujukan lainnya. Buku yang tersedia di layanan ini tidak dipinjamlan dipinjamkan,” jelasnya.

5. Layanan Banten Corner

Adapaun layanan yang terakhir yakni Banten Corner. Layanan yang menyediakan koleksi ke-Bantenan seperti sejarah dan budaya.(adv)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR