Minggu, Juli 14, 2024
BerandaBeritaPerpustakaan Adalah Infrastruktur Sumber Informasi

Perpustakaan Adalah Infrastruktur Sumber Informasi

Serang, Bantentv.com – Keberadaan perpustakaan dan kearsiapan dinilai menjadi salah satu infrastruktur penting dalam pembangunan sumber daya manusia (SDM).

Sebab dari perpustakaan, masyarakat memiliki akses terhadap bahan bacaan dan sumber informasi yang meningkatkan kapastias pengetahuan.
“Perpustakaan dan kearsiapan adalalah infrastruktur sumber informasi dalam rangka kita meningkatkan kapasitas sumber daya manusia,” kata Penjabat Gubernur Banten Al Muktabar di Kawasan Pusat Pemerintahan Provinsi Banten, Rabu, 24 Agustus 2022.

Menurutnya, pembangunan SDM harus didorong. Tak terkecuali dengan ketersediaan perpustakaan dan kearsiapan yang menjadi infrastruktur pendukungnya.
“Pembangunan SDM perlu didukung, dengan demikian perpustakaan menjadi infrastruktur dalam pengembangan SDM di Indonesia dan khususnya di Banten,” katanya.

Al Muktabar berpesan agar masyarakat Banten terus meningkatkan pengetahuannya untuk menjadi manusia yang siap bersaing di tengah kemajuan zaman.
“Masyarakat Banten bahwa untuk meningkatkan ilmu pengetahuan kita perlu sumber, sumber itu adalah dari buku, dari platform digital, oleh karenanya kita harus mau membaca dan dengan membaca kita jadi tahu yang sudah terjadi dan yang akan terjadi,” ujarnya.
Menurut Al Muktabar, pembanguan SDM adalah hal paling mendasar dalam kemajuan bangsa dan Negara.
“SDM adalah hal mendasar dan itu bagian dari visi misi presiden dan wakil presiden. Banten dalam hal ini menjalankan agenda kerja yang satu di antara hulu atau landasan dari rencana pembangunannya adalah pengembangan SDM,” ujarnya.

Apalagi Indonesia atau Banten secara khusus sedang mendapatkan bonus demografi. Kondisi ini, dikatakan Al Muktabar perlu direspon dengan menyiapkan SDM yang unggul.

“SDM sangat penting apalagi Indonesia dalam jumlah usia kerja tinggi atau apa yang disebut bonus demografi. Oleh karenanya SDM harus kita tingkatkan terus karena itu modal pembangunan kita,” ujarnya.
“Dengan SDM yang baik, meskipun sumber daya alamnya terbatas, Negara akan baik dan maju karena pengembangan SMD adalah hal perlu kita dulung bersama. Pemerintah daerah terus akan mengembangkan SDM sejalan dengan visi misi Presiden,” tambahnya.

Sementara itu, Kepala Dinas Perpustakaan dan Kearsiapan Daerah (DPK) Banten Usman Asshidiqi Qohara mengatakan, perpustakaan menjadi sarana informasi, pendidikan, hiburan dan penelitian.
“Perpustakaan bukan sekadar hanya jadi tempat koleksi buku, yang penting dari itu adalah mampu memberdayakan masyarakat,” ujarnya. (adv)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR