Minggu, Mei 19, 2024
BerandaBeritaPemprov Banten Potong 60 ekor Hewan Kurban

Pemprov Banten Potong 60 ekor Hewan Kurban

Serang, Bantentv.com – Perayaan Idul Adha 1443 H tahun ini, Pemprov Banten memotong hewan kurban sebanyak 60 ekor, yang diselenggarakan di Masjid Raya Al Bantani, KP3B, Curug, Kota Serang, Minggu pagi 10 Juli 2022.Sebanyak 60 hewan kurban itu terdiri dari 43 ekor sapi, 8 ekor kerbau, serta 9 ekor kambing. Salah satunya, adalah sapi bantuan Presiden Joko Widodo yang berbobot sekitar 1,2 ton.

Dalam pemotongan hewan kurban juga disaksikan langsung Penjabat (Pj) Gubernur Banten Al Muktabar. Rencananya 15 ekor hewan kurban akan disalurkan kepada keluarga dengan anak stunting dan gizi buruk. Penyaluran daging ini juga disertai dana pendampingan dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Provinsi Banten kepada para mustahik untuk membeli bumbu.

Sebelum dilakukan pemotongan hewan kurban, Pj Gubernur Banten melaksanakan shalat berjamaah Idul Adha 1443 H di Masjid Raya Al Bantani dengan imam KH Ridho Abdul Wahab dan Khotib Rektor UIN SMH Banten Prof Dr KH Wawan Wahyudin.

Dalam khutbahnya, Prof Wawan becerita menyampaikan keteladanan para keluarga Nabi Ibrahim AS, Nabi Ismail AS, dan Siti Hajar dalam ibadah haji dan kurban.

“Kurban yang dinilai keikhlasan dan ketulusan bukan pada hewannya. Sebagai rasa syukur atas nikmat, beramal dengan penuh ikhlas,” katanya.

Prof Wawan juga berpesan, manfaat dibalik menunaikan ibadah kurban, yakni, selain dalam rangka mendekatkan diri kepada Allah SWT. Juga memantapkan solidaritas sosial, dan mendidik pandai bersyukur atas nikmat, serta taat atas perintah Allah SWT.

Disela pemotongan hewan kurban, Pj Gubernur Banten Al Muktabar mewakili Presiden Joko Widodo menyerahkan seekor sapi kepada Ketua DKM Masjid Raya Al Bantani Prof Soleh Hidayat.

Al Muktabar mengatakan, hewan kurban sebanyak 15 ekor disalurkan untuk anak-anak stunting dan gizi buruk, dan 45 ekor disembelih dan disalurkan langsung pengurus DKM Masjid Raya Al Bantani.

“Salah satu peruntukan hewan kurban tahun ini untuk kelurga dengan anak stunting dan gizi buruk. Penanganan stunting dan gizi buruk merupakan program Bapak Presiden Joko Widodo. Salah satunya dengan pemberian makanan yang bergizi,” terangnya. (red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR