Jumat, Maret 29, 2024
BerandaBeritaPemkab Tangerang Luncurkan Program Catin Kasep

Pemkab Tangerang Luncurkan Program Catin Kasep

Tangerang, Bantentv.com – Sebagai upaya menekan kasus sunting di wilayah Kabupaten Tangerang. Pemkab Tangerang meluncurkan program kelas Calon Pengantin Kondisi Sehat Prima (Catin Kasep). Peluncuran program kelas Cantin Kasep ini dilakukan Sekretaris Daerah (Sekda) Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid di Gedung Serba Guna Tigaraksa, Selasa 5 Juli 2022.

Sekda Kabupaten Tangerang Moch. Maesyal Rasyid mengatakan Program Catin Kasep itu digagas Pemkab Tangerang dalam rangka pencegahan stunting lebih dini, di masa usia subur menjelang pernikahan. Kemudian, kedepan para calon pengantin wajib memeriksakan kesehatannya di puskesmas terdekat sebelum melakukan pernikahan.

“Program ini mencegah di hulu akan terjadinya stunting. Sebab di usia pasangan subur, mereka akan diperiksa kesehatannya dan mendapatkan edukasi tentang pemahaman gizi kepada calon pengantin,” ungkap Sekda di depan peserta seminar.

Dijelaskan Sekda, Pemkab Tangerang bekerjasama dengan Kementerian Agama melalui Kantor Urusan Agama (KUA) di setiap kecamatan di Kabupaten Tangerang bisa memberikan edukasi dan bimbingan serta mendorong para Calon Pengantin (Catin) memiliki sertifikat kesehatan sebelum mereka melangsungkan pernikahan.

“Stunting ini menjadi tanggung jawab kita bersama. Upaya ini semua kita lakukan supaya mereka bisa melahirkan generasi sehat bebas dari stunting menuju Tangerang Gemilang,” tutur Sekda.

Pada kesempatan yang sama Kepala Dinas Kesehatan Kabupaten Tangerang Desiriana Dinardianti menambahkan pemeriksaan kesehatan kepada Catin perlu dilakukan dalam rangka untuk mendeteksi kesehatan pasangan pengantin, mulai memeriksa anemia, pengecekan penyakit menular, pemahaman gizi, hingga edukasi reproduksi pasangan.

“Selain melakukan pelayanan kesehatan, Catin juga diharapkan akan lebih mengenal kesehatan pasangannya, mendapatkan edukasi gizi dan reproduksi hingga tahu kebersihan sanitasi lingkungan,” jelas Desi.

Sementara itu, pasangan calon pengantin M. Hildam dan Nindya Viona asal Kecamatan Cisoka yang sudah menerima sertifikat Catin dari Puskemas Cisoka sangat mendukung program Catin Kasep karena mereka menjadi lebih paham tentang kesehatan, khususnya kesehatan reproduksi dan gizi.

“Terimakasih kepada Pemkab Tangerang berkat program Catin Kasep kami jadi tau pasangan kami sehat atau tidak, terlebih kita tau kesehatan sendiri,” kata Hildam.

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR