Senin, Juli 22, 2024
BerandaBeritaNeon Moon II, Kapal yang Diberikan Coldplay Gagal Beroperasi di Sungai Cisadane

Neon Moon II, Kapal yang Diberikan Coldplay Gagal Beroperasi di Sungai Cisadane

Bantentv.com – Coldplay merupakan salah satu band rock asal Inggris yang telah menggelar konser di Jakarta pada November 2023 lalu.

Tak hanya menghibur para penggemarnya saja, band rock itu juga memberikan bantuan satu unit kapal pembersih sampah ke Pemerintah Kabupaten Tangerang.

Kapal pembersih itu bernama Neon Moon II yang dilengkapi 6 kantung sampah dengan total kapasitas 5 ton.

Namun kapal pembersih tersebut tidak jadi beroperasi di Sungai Cisadane untuk membersihkan sampah di sungai tersebut.

Alasan tidak beroperasi kapal pemberian dari band asal Inggris itu karena aliran arus Sungai Cisadane di Kawasan Tanjung Burung, Kecamatan Teluknaga, itu membawa jenis sampah berukuran besar seperti bambu hingga kayu.

Perlu diketahui , kapal Neon Moon II yang diberikan band Coldplay diperuntukkan mengeruk sampah plastik.

Namun pada saat masa uji coba di Sungai Cisadane, kapal tersebut tidak mampu untuk mengeruk sampahnya karena sampah yang ada di sungai tergolong sampah yang besar dan sulit untuk diangkut oleh kapal dan jadi penghambat operasional kapal tersebut.

Alhasil, kapal sempat terjebak material sampah, sehingga Neon Moon II harus dievakuasi oleh kapal bantuan lain.

Alasan tersebut diungkapkan oleh Kepala Dinas Lingkungan Hidup dan Kebersihan (DLHK) Kabupaten Tangerang Fachrul Rozi pada Jumat 14 Juni 2024 yang dikutip dari Info tangerang.

“Pada waktu itu banyak material organik seperti bambu, furniture sampai ranjang kasur,” ungkapnya.

“Saking banyaknya bambu disungai, jika 6 orang berdiri di atasnya enggak bakal gerak bambunya, saling berikatan. Repot kalau airnya deras kapal bisa miring 10-15 derajat,” lanjutnya.

Sebagai informasi, arus aliran Sungai Cisadane yang berada di Tangerang itu juga melintasi Bogor, Kabupaten Tangerang, Kota Tangerang, Kota Tangerang selatan dan kembali ke Kabupaten Tangerang di Tanjung Burung Teluknaga.(erina/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR