Minggu, Juli 14, 2024
BerandaBeritaKenang Pahlawan Sapta Taruna, Insan PU Banten Peringati Hari Bakti PU Ke-77

Kenang Pahlawan Sapta Taruna, Insan PU Banten Peringati Hari Bakti PU Ke-77

Serang, Bantentv.com – Dalam rangka memperingati Hari Bakti Pekerjaan Umum ke-77, segenap insan PUPR di lingkungan Pemerintah Provinsi Banten menggelar upacara di lapangan Sekretariat Daerah Provinsi Banten, Sabtu pagi, 3 Desember 2022. Upacara digelar untuk mengenang perjuangan para pahlawan sapta taruna dalam peristiwa 3 Desember tahun 1945.

Upacara itu dihadiri segenap insan PUPR Se-Provinsi Banten seperti Dinas PUPR, Dinas Perkim dan BPJN baik tingkat Provinsi maupun Kabupaten/Kota di seluruh wilayah Banten. Peringatan 77 tahun Hari Bakti PU mengusung tema Sigap Membangun Negeri.

Dalam kesempatan tersebut, PJ Gubernur Banten, Al Muktabar bertindak sebagai inspektur upacara yang turut membacakan amanat Menteri PUPR, Basuki Hadimulyono. Amanat tersebut mengingatkan segenap insan PU saat ini agar bisa merefleksikan diri mengenang peristiwa 3 Desember 1945 serta meneladani para pejuang PU terdahulu.

Untuk wilayah Banten sendiri, Al Muktabar usai upacara mengatakan, jika capaian sektor PUPR di Banten sudah cukup baik. Berbagai pembangunan infrastruktur yang telah dilakukan sudah bisa dinikmati dan dirasakan manfaatnya oleh masyarakat.

“Masyarakat Banten sudah merasakan infrastruktur pembangunan di Banten. Pemprov juga berkomitmen untuk terus melakukan perbaikan-perbaikan lanjutan ke depannya,” ujar Al Muktabar.

Sementara itu, Kepala Dinas PUPR Provinsi Banten, Arlan Marzan mengungkapkan fokus utama PUPR Provinsi Banten Saat ini adalah penuntasan pembangunan infrastruktur jalan, khususnya jalan tol Serang-Panimbang yang ditargetkan mulai beroperasi pada 2024 mendatang.

“Jalan tol Serang-Panimbang masih kita terus kejar dan akan mulai beroperasi 2024,” ungkap Arlan.

Kepala Dinas Perumahan Rakyat Dan Permukiman (Perkim) Provinsi Banten, M. Rahmat Rogianto mengatakan fokus utama kinerja Dinas Perkim Banten saat ini adalah penataan kawasan kumuh. Ia juga mengaku pihaknya berkomitmen untuk mengentaskan kawasan kumuh yang ada di wilayah Banten.

“Di Banten masih ada kawasan kumuh, maka Dinas Perkim agar terus mengentaskan kawasan kumuh itu,” ujar Rahmat Rogianto.

Diketahui, lahirnya Hari Bakti PU dilatar belakangi oleh peristiwa penyerangan tentara sekutu ke gedung V&W yang kini dikenal dengan Gedung Sate di Bandung pada tanggal 3 Desember 1945. Gedung Sate yang saat itu merupakan pusat Departemen Pekerjaan Umum pertama setelah kemerdekaan dijaga oleh 21 pemuda petugas pekerjaan umum. Dari 21 orang tercatat 7 di antaranya gugur dan dikenang sebagai pahlawan sapta taruna. (red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR