Senin, April 22, 2024
BerandaBeritaKenaikan Type BPBD Kota Serang Masih Sebatas Mimpi

Kenaikan Type BPBD Kota Serang Masih Sebatas Mimpi

Serang, Bantentv.com – Peningkatan status kelembagaan Badan Penanggulangan Bencana Daerah Kota Serang dari type B menjadi type A masih sebatas mimpi. Pasalnya proses kenaikan type tersebut masih mandek di tahap program pembentukan peraturan daerah di tingkat eksekutif dan belum dilanjutkan ke tingkat legislative.

Proses kenaikan tipe BPBD Kota Serang tersebut pernah “digemborkan” Ketua DPRD Kota Serang ketika bencana banjir bandang di Kota Serang terjadi. Padahal indeks resiko bencana Indonesia (IRBI) Kota Serang yang dikeluarkan BNPB sudah di angka 160. Artinya kerawanan bencana di Kota Serang sudah sangat tinggi melibihi batas normal di angka 120 atau 100.

Kepala Pelaksana BPBD Kota Serang, Diat Hermawan mengatakan ada 5 dari 7 jenis potensi bencana terjadi di Kota Serang.

“Lima potensi bencana itu seperti banjir, kekeringan, longsor, angin puting beliung, gempa, bahkan banjir bandang dari luapan bendungan Sindangheula terjadi di Kota Serang,” ungkap Diat.

Dengan tetap di kategori tipe B, menjadi kendala bagi BPBD Kota Serang untuk menambah jumlah personil TRC BPBD Kota Serang dari 20 menjadi 30 personil. Termasuk juga kendala menambah jumlah peralatan. Oleh karena itu, kenaikan tipe dari B menjadi A diharapka  bisa terealisasi bagi pihak BPBD Kota Serang untuk menguatkan kelembagaan dan penguatan anggaran. (jaya/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR