Selasa, Juni 25, 2024
BerandaBeritaJelang Nataru, BI Banten Siapkan Rp3,5 Triliun

Jelang Nataru, BI Banten Siapkan Rp3,5 Triliun

Serang, Bantentv.com – Sebanyak Rp3,5 triliun uang kartal disiapkan kantor perwakilan Bank Indonesia (BI) wilayah Banten guna memenuhi kebutuhan masyarakat menjelang Natal dan Tahun Baru 2023 (Nataru). Kepala Kantor Perwakilan Bank Indonesia Provinsi Banten, Imaduddin Sahabat mengatakan jika peredaran uang menyambut Natal 2022 dan Tahun Baru 2023 dipastikan aman untuk wilayah Banten.

“Kebutuhan dan penggunaan uang pada Natal dan tahun baru akan mengalami peningkatkan, sehingga uang baru layak edar sengaja dipersiapkan guna memenuhi kebutuhan masyarakat dalam melakukan transaksi,” ungkap Imaduddin.

Dilanjutkan Imaduddin, nilai kebutuhan uang saat Natal dan tahun baru naik Rp400 miliar atau 14% dibanding periode yang sama pada 2021 senilai Rp2 triliun. Meski kebutuhan uang hanya Rp2,4 triliun namun BI menyiapkan dana hingga Rp3,5 triliun. Sementara Deputi Kepala Perwakilan Divisi Implementasi SP PUR & MI, Agus Hartanto mengatakan bahwa terjadi peningkatan proyeksi kebutuhan uang pada Natal dan Tahun Baru 2023.

Selain kebutuhan uang, BI Banten juga melaporkan sebaran uang baru emisi 2022 di Provinsi Banten sepanjang tahun ini. Uang emisi baru tahun 2022 yang dikeluarkan pada bulan Agustus lalu sudah tersebar sebanyak Rp317 miliar di wilayah Banten. (rangga/red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR