Sabtu, Desember 3, 2022
Beranda Berita Feature Cara Mencari Siaran TV Digital Tanpa Set Top Box

Cara Mencari Siaran TV Digital Tanpa Set Top Box

Serang, Bantentv.com – Saat ini siaran TV analog sudah dimatikan oleh Kominfo hampir di seluruh Jabodetabek dan digantikan oleh TV digital. Salah satu cara untuk menonton siaran TV digital adalah dengan Set Top Box (STB). Namun, harga Set Top Box kini di pasaran terbilang lumayan tinggi. Tujuan pemerintah mengganti TV analog ke TV digital adalah agar kualitas siaran menjadi lebih baik, mulai dari suara yang jernih hingga tampilan lebih tajam. Dengan memakai TV digital juga bisa menikmati berbagai chanel televisi seluruh Indonesia bahkan dunia.

Tetapi apabila masyarakat sudah memiliki TV digital bisa langsung mencari sinyal dan tidak perlu lagi menambahkan Set Top Box. Salah satu cara agar menangkap siaran digital diperlukan perangkat yang mampu menerima siaran standar Digital Video Broadcasting Terrestrian Second Generation (DVB-T2). Tetapi biasanya TV digital sudah dilengkapi teknologi tersebut. Dilansir dari beberapa sumber berikut cara mencari siaran TV digital tanpa set top box :

  1. Pastikan siaran TV digital sudah masuk ke daerah tempat tinggal

Cara yang pertama mencari siaran TV digital tanpa Set Top Box yaitu memastikan siaran TV digital masuk ke daerah tempat tinggal. Dengan memastikan siaran TV digital masuk ke daerah tempat tinggal bisa lebih mudah untuk mencari siaran TV digital tanpa Set Top Box.

  1. Pakai antenna TV UHF biasa

Selain memakai antenna TV UHF biasa dan juga bisa pakai antenna luar rumah atau dalam rumah. Posisikan antenna sesuai dengan ketinggian dan arah dengan lokasi pemancar multipleksing.

  1. Sambung kabel ke antenna

Setelah itu, sambungkan kabel ke antenna dan TV.

  1. Nyalakan TV

Jika ketiga cara yang di atas sudah dilakukan selanjutnya nyalakan TV dan masuk ke menu ‘pengaturan’ untuk mencari sinyal.

  1. Pilih ‘DTV’

Setelah menyalakan TV kemudian pilihlah menu DTV  untuk siaran digital, biasanya ada di samping ATV (untuk siaran analog).

  1. Klik ‘Auto Scan’

Langkah yang terakhir yaitu dengan mengklik ‘auto scan’ untuk memindai pemprograman TV digital dan tunggu hingga pencarian channel TV digital selesai. Jika sudah siaran TV akan tersimpan secara otomatis dan bisa langsung dinikmati. (red)

LEAVE A REPLY

Please enter your comment!
Please enter your name here

Most Popular

Fakta Menarik Kabupaten Lebak di Usia 194 Tahun

Poster ucapan selamat Hari Jadi ke-194 Kabupaten Lebak dari Banten TV.

Makanan dan Minuman yang Bisa Menyebabkan Kulit Kering

Ilustrasi Makanan Cepat Saji (Sumber: BrilioFood)

Masjid-Masjid Terindah di Dunia

Ilustrasi Masjid Hasan II (Sumber : Surau.co)

MTQ ke-19 Provinsi Banten Resmi Ditutup

Pj Sekda Provinsi Banten M Tranggono saat menyerahkan piala kepada Kabupaten Tangerang selaku juara umum MTQ XIX tingkat Provinsi Banten.

Recent Comments