Senin, Juni 24, 2024
BerandaBeritaDewan Hakim Terpukau dengan Kemampuan Peserta pada Cabang Canet di Ajang MTQ...

Dewan Hakim Terpukau dengan Kemampuan Peserta pada Cabang Canet di Ajang MTQ Banten

 Serang, Bantentv.com – Salah satu cabang lomba di Musabaqoh Tilawatil Quran Provinsi Banten adalah tilawah cacat netra. Cabang lomba ini diikuti 16 peserta dari 8 kabupaten kota.  Meski memiliki keterbatasan, hal itu tidak membuat para peserta lomba ini berkecil hati. Bahkan kemampuan mereka dalam bertilawah justru berhasil membuat para dewan hakim kagum.

Para dewan hakim terpukau dengan kemampuan mereka. Hal ini terlihat dari respon para dewan hakim usai peserta selesai mengumandangkan ayat yang mereka lantunkan.

Cabang lomba yang lebih dikenal dengan sebutan canet ini memiliki penilaian di semua aspek dalam tilawah. Tidak hanya kemampuan membaca dan melantunkan ayat suci Al-Qur’an, makhorijul huruf hingga tajwid juga dinilai oleh para juri dengan seksama.

Ketua Majelis Hakim Cabang Tartil Tilawah Cacat Netra, Fuad Damanhuri mengatakan 16 peserta ini trediri dari 8 peserta putra dan 8 peserta putri. Setiap kabupaten/kota mengirimkan 2 utusan. Semua peserta akan dinilai dengan seksama di semua bidang.

“Penilaian di smeua bidang, dari kefasihan pelafalan huruf harus jelas dan benar, jika salah pelafalan atau makhroj huruf maka akan ada pengurangan nilai. Begitu juga dengan tajwidnya harus dibacakan dengan benar sesuai hokum bacaannya,” ujar Fuad.

Cabang ini berlangsung selama 2 hari. Hari pertama merupakan babak penyisihan, dan hari kedua babak final. (red)

TERKAIT

TINGGALKAN KOMENTAR

Silakan masukkan komentar anda!
Silakan masukkan nama Anda di sini

DIBAGIKAN

KOMENTAR